Ilmu Komunikasi USR datangkan Presenter muda dan berbakat



            Dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu serta rasa cinta mahasiswa dalam bidang presenting dan public speaking, jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSUSKA Riau mengadakan workshop bertajuk  “pelatihan presenter TV dan Public Speaking” pada Kamis (30/11) kemaren. Tak tanggung-tanggung, narasumber yang dihadirkan pun merupakan presenter televisi yang cukup lama berkecimpung di dunia pertelivisian. Workshop yang dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi  tersebut diharapkan mampu menambah wawasan mahasiswa mengenai dunia pertelivisian agar mampu menghadapi persaingan global yang ada di Indonesia.

            Pada workshop ini hadir seorang presenter berita kenamaan, Muhammad Syahreza yang memulai karirnya sebagai reporter di TransTV pada tahun 2012 silam. Reza, begitu panggilan akrabnya mengungkapkan bahwa awal mula karirnya dikarenakan social media. Saat itu salah seorang karyawan TransTV melihat profilnya di social media dan mengajaknya casting. Alhasil Reza lolos sebagai reporter berita di transTV.

“jadi, teman-teman semua kalo masang foto profil di social media itu yang paling cantik dan yang paling ganteng. Karena saya awalnya sampai di casting di Trans TV itu karena social media.” Tuturnya. Reza juga menambahkan bahwa saat pertama kali menjadi reporter berita, ia merasakan kebingungan yang luar biasa karena basic jurnalistiknya yang seadanya. Namun, karena stasiun TV yang ditempatinya menyediakan pendidikan dasar reporter dan para senior yang menaumi, Reza pun akhirnya mulai memahami dunia reporter.

Tak selang lama, tahun 2015 Reza kembali diajak casting oleh MNC group tepatnya di RCTI. Pada saat itu juga ia ditempatkan disalah satu stasiun TV berita di Indonesia yaitu iNews TV yang saat itu masih bernama Sindo TV. Sudah dua tahun semenjak bergabung dengan iNews TV, Reza sudah memegang beberapa program unggulan iNews, salah satunya iNews sore.

Dalam workshop yang berlangsung di gedung Islamic Center UINSUSKA sejak jam 10.00 WIB tersebut, dihadiri juga oleh Bpk. Azni selaku wakil dekan III fakultas dakwah dan komunikasi dengan memberikan kata sambutan pada awal acara sebagai pembuka. Peserta workshop pun dipenuhi oleh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi mulai dari jurusan Komunikasi, Manajemen Dakwah, Bimbingan Konseling Islam sampai Pengembangan Masyarakat Islam. Jadi peserta yang ingin datang ke workshop ini tidak dibatasi.

Workshop diakhiri dengan sesi tanya jawab yang menyita antusiasme dari peserta. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan seputar dunia presenting dan public speaking ataupun dunia kerja kepada Reza. Tak hanya itu, partisipasi peserta juga sangat baik selama workshop berlangsung. Terbukti dengan keikut sertaan peserta dalam praktek pembawaan berita serta tidak adanya kendala selama acara. Workshop tersebut berakhir pada pukul 12.00 WIB tepat pada jam istirahat makan siang dan sholat zuhur. 

Acara ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan kualitas mahasiswa UINSUSKA dalam dunia jurnalistik dan public speaking, agar kedepannya bisa bersaing dengan kampus-kampus besar lainnya di Indonesia. Tidak hanya itu, workshop ini juga bisa menjadi modal awal bagi mahasiswa yang ingin mempelajari lebih jauh tentang dunia jurnalistik dan public speaking.

Komentar

Postingan Populer